Cara Menjadi Sopir Uber di Jakarta

Anda ingin tahu Cara Menjadi Sopir Uber di
Jakarta? Uber Taxi udah mengaspal di Indonesia sejak Tahun 2014 di mulai dari Jakarta. Dan sampai waktu ini sudah memperluas wilayah layanannya di belasan Kota lainnya, seperti Bandung, Cirebon, Jogjakarta, Semarang, Solo (Surakarta), Surabaya, Malang, Bali, Medan, Pekanbaru, Makassar, Palembang, Balikpapan, Manado, Pontianak, dan Lampung.

Bagi para pengemudi, bergabung bersama Uber bisa memberi tambahan penghasilan yang menjanjikan. Kenapa pengemudi Uber sanggup punya penghasilan besar? Jawabannya sangat sederhana, yaitu pengemudi Uber Taksi tak direpotkan nyari penumpang. Aplikasi Uber bakal mencarikan penumpang sesuai jarak terdekat ke pengemudi. Hal ini membuat jumlah waktu tunggu / kosong menjadi lebih kecil.

Bagaimana Cara Gabung Dengan Uber Motor / Car

Jika anda punya mobil dan menginginkan untuk bergabung jadi driver Uber, ada beberapa syarat yang mesti dilakukan. Sebenarnya sistem pendaftaran driver uber (baik itu Uber X, Uber Black atau Uber Motor) amat sederhana dan cepat.

Intinya, Anda hanya mesti mengisi formulir pendaftaran, lalu upload dokumen persyaratan yang diperlukan. Apa saja persyaratan-persyaratannya?

Persyaratan Pengemudi Uber Bike / Car

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP), min 21 tahun.
  • SIM A / B Aktif (Uber X dan Uber Black)
  • SIM C ( Uber Motor)
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) aktif. Atau Kartu Tanda Anggota (KTA) untuk Prajurit TNI/Polri.

Syarat Kendaraan (Motor / Mobil)

  • Usia Mobil tahun 2012 ke atas
  • Usia motor tahun 2009 ke atas
  • STNK dan Pajak Hidup
  • Asuransi (Bisa menyusul)

Semua syarat-syarat tadi difoto dengan resolusi yang baik agar gambar tidak pecah. Buat setiap sudut dokumen terfoto jelas, jangan blur dan susah dibaca. Jangan lupa siapkan juga nomer handphone dan e mail untuk terima konfirmasi pendaftaran dan notifikasi lainnya dari sistem Uber.

CARA JOIN JADI DRIVER UBER BIKE / CAR, STEP BY STEP

Untuk lebih jelasnya, simak saja langkah-langkah mendaftar Uber motor/ mobil di bawah ini:

1. Buka Halaman Pendaftaran Driver Uber

Click link register Uber di sini↗.

Tengok gambar dibawah

Cara Menjadi Sopir Uber di
Jakarta

2. Lengkapi Data Diri Anda

Isilah nama sesuai KTP, email, Kota, dan paling perlu no telepon/handphone (awali dengan kode +62). Kolom Invite Code tidak harus diisi, kosongkan saja.

Cara Menjadi Sopir Uber di
Jakarta

Pada halaman selanjutnya Anda diwajibkan memilih salah satu jenis layanan Uber yang diinginkan.

Misalnya Anda menghendaki register Uber Car/Mobil atau Uber Motor, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan anda.

3.  Upload Dokumen Syarat Supir Taksi Uber

Setelah klik Next, maka akan nampak halaman berbahasa inggris yang intinya anda perlu memasukkan dokumen-dokumen syarat-syarat yang dibutuhkan misalnya KTP, SIM, SKCK, dll.

*Penting! seluruh dokumen harus asli dan masih aktif masa berlakunya, dan bukan Fotocopy!

Gambar di bawah ini salah satu ilustrasi bagi yang daftar Mitra Ubermotor di jakarta :

Baca Juga:   Cara Mendaftar Uber Bike diBali

Cara Menjadi Sopir Uber di
Jakarta

Jika anda register menggunakan smartphone (Android atau iOS), tekan tombol UPLOAD PHOTO pada tiap-tiap dokumen yang diminta, lalu Anda segera memfoto pakai kamera handphone anda.  Maka dokumen akan otomatis terkirim.

Jika pakai komputer, maka tentu Anda harus memfoto secara terpisah.  Yang mesti dicatat adalah mutu foto haruslah ber-resolusi baik sehingga tidak blur atau pecah.  Jangan sampai ada tulisan yang terpotong dari STNK, SIM atau SKCK, lebih-lebih bagian masa berlaku dokumen tersebut.

Sedikit Catatan
Saat mendaftar driver uber secara online, tersedia isian agar anda meng-unggah Tax Card / NPWP dan Proof Insurance (surat asuransi kendaraan). Nah bagaimana bila kendaraan anda tidak diasuransikan atau kita tidak/belum ada NPWP?

Mengingat pada syarat-syarat daftar kalau datang langsung juga tidak mensyaratkan kartu pajak dan asuransi, maka kartu itu sebenarnya tidak wajib diisi. Tapi disebabkan ini adalah pendaftaran secara online dan agar tombol continue bisa di-klik maka mau nggak mau tetap wajib diisi.

Solusinya (menurut saya nih): unggah saja bukti bayar pajak kendaraan yang udah ada. Supaya tombol “Continue” dapat diklik, sebab bila isian tersebut tidak diisi semua, maka tombol Continue nya tidak dapat di-klik.

Nantinya Anda boleh mengedit lagi informasi file-file yang Anda isi/upload sesudah masuk ke dashboard akun Anda, pada menu profil.

4.  Periksa E-mail dan Klik Tautan Konfirmasi

Segera buka email anda. Jika ada email masuk dari Uber dan berisi link atau tombol konfirmasi, maka klik link konfirmasi tsb. Hal ini untuk membuktikan bahwa email tersebut adalah benar-benar milik anda (email valid).

Setelah selesai mengunggah atau meng-upload syarat-syarat tadi,  maka berarti pendaftaran Driver Uber secara online udah selesai. Langkah berikutnya adalah instal aplikasi uber driver. Kemudian coba meluangkan waktu menyaksikan video perkenalan penggunaan aplikasi yang tersedia.

5.  Akun Uber Anda Aktif

Jika info yang Anda upload pada proses pendaftaran uber driver-partner semuanya benar dan valid, maka di dalam 2-3 jam kerja sehabis melalui validasi, akun Uber anda akan aktif.  Kita bisa segera “narik” atau mulai mencari penghasilan tambahan dari mengemudi taksi / taxi Uber.

Cara Menjadi Sopir Uber di
Jakarta



Share This: