Dapatkan Penghasilan Jutaan dari Menyewakan Kamar, Rumah atau Apartemen melalui AirBnB

Apa itu AirBNB

Gampangnya, Airbnb itu mirip situs booking hotel seperti Traveloka dan Booking.com, tapi disini yang di tawarkan adalah kamar / rumah / apartemen / kondominium pribadi.

AirBnB beroperasi di 191 negara dan telah melayani 200 juta tamu.

Jadi, kalau Anda punya space atau tempat kosong pada hari-hari tertentu (atau bulan-bulan tertentu), Anda bisa memanfaatkan tempat kosong itu untuk menerima tamu menginap (menyewakannya) lewat platform AirBnB dan mendapatkan uang jutaan rupiah per minggu.

Tidak masalah apakah space-nya berupa kamar ukuran kecil, ruang garasi atau bahkan keseluruhan rumah.

Apakah terjamin pembayarannya? Ya! Tak perlu risau, sebab tamu Anda benar-benar membayar melalui Airbnb. Selama tidak ada masalah,  Airbnb akan melunasi pembayaran pada Anda dalam waktu 24 jam setelah kedatangan tamu.

Cara Mendaftarkan Tempat

Pertama-tama, masuk ke AirBnB dan klik sign-up (mendaftar).

Setelah itu, isi sebanyak mungkin informasi profil Anda, termasuk pasang foto profil yang jelas (tampak wajah).

Lalu mulailah menambahkan atau mendaftarkan tempat Anda (kamar/rumah/villa/apartemen) ke dalam listing AirBnB, dengan cara klik tombol “menjadi tuan rumah” di bagian atas layar dan kemudian klik “tambahkan iklan baru

Beberapa Tips

  • Buatlah “Nama Iklan” Lebih Menarik.

    Fungsinya untuk menarik perhatian orang saat mereka sedang mencari tempat untuk menginap.

  • Tulis deskripsi yang detail, menarik dan jujur.

    Masukkan informasi sebanyak mungkin mengenai properti/tempat Anda.

    Misalnya info fasilitas, detail info mengenai lokasi dan berapa jauh jaraknya dari lokasi wisata terkenal, termasuk jarak ke bandara ataupun stasiun kereta.

    Masukkan juga info apakah tamu dapat private bathroom atau tidak, ada wifi gratis atau tidak.

    Selain itu juga sebutkan bagaimana pengaturan tempat tinggal jika cuma menyewakan satu kamar dan Anda sebagai pemilik rumah/apartemen akan ada di sana.

    Apakah tamu punya akses menggunakan dapur? Apakah Anda memberlakukan jam malam?

  • Upload Foto Properti Yang Terbaik

    Sangat penting untuk mengupload foto properti yang paling bagus. Karena foto yang bagus bisa sangat menjual.

    Tips:
     Ambil foto di siang hari dan pastikan ada banyak sinar matahari, edit foto menggunakan aplikasi di komputer/smartphone untuk membuat foto terlihat lebih terang dan berwarna.

    Jangan lupa juga untuk mengambil foto yang bagus untuk kamar tidur dan kamar mandi (keduanya merupakan faktor paling penting dalam pertimbangan pemilihan akomodasi).

Trik Menentukan Harga

Pada dasarnya Anda bebas menentukan harga sewa properti Anda di AirBnB. Anda juga bisa membedakan harga untuk weekend, hari libur atau hari khusus lainnya.

Tapi menemukan harga yang benar-benar kompetitif  memang tidaklah mudah. Maka, sebaiknya Anda coba lihat-lihat harga sewa properti yang mirip dengan properti Anda di AirBnB.

Juga coba bandingkan harganya dengan hotel selevel di area kamu, karena tamu juga biasanya membanding-bandingkan harga AirBnB dengan harga hotel sebelum booking.

Dari data-data itu, barulah Anda tentukan harga sewa properti anda.

Kadang juga akan lebih baik Anda memulai dengan harga diskon agar mendapatkan review yang positif. 

Setiap tamu yang puas akan menambahkan bintang. Rating bintang inilah yang nantinya jadi faktor penentu bagi tamu selanjutnya. 

Tapi mendapatkan tamu pertama bisa jadi sulit (karena belum ada rating/review), oleh karena itu taktik yang bisa digunakan adalah dengan memasang harga murah yang tidak bisa dikalahkan — setidaknya sampai dapat cukup booking dan lalu menaikkan harga ke harga normal setelahnya.

Gimana? Siap untuk mulai mendapat penghasilan jutaan rupiah melalui AirBNB?

@2009 – 2019 InternetBisnis.net