New Page 1

 


Panduan Mendapatkan
Hosting Unlimited dari Host Gator

=> start dengan Rp. 100 saja

 

Sahabat,

Apa itu Hosting?

Hosting adalah tempat kita menaruh file-file website atau blog, baik file gambar, text, html, mp3, video, dan sebagainya, agar bisa dilihat orang di internet. Kalau diibaratkan, domain adalah alamat, maka hosting adalah kantor atau rumah nya. Berarti kalau orang menyewa hosting, itu sama artinya ibarat menyewa rumah atau sewa kantor. Hanya saja, tempatnya adalah di internet.

Domain dan hosting lah yang bisa membuat sebuah web/situs "online". Tanpa keduanya, tidak ada bisnis online.

Apa Kelebihan Hosting di HostGator?

Kebanyakan tempat hosting, termasuk di Indonesia, tidak bisa bebas menempatkan banyak domain di satu account. Misalnya gini, kalau kita udah punya satu web/blog maka kita 'kan bayar biaya bulanan/tahunan untuk sewa hosting blog tersebut. Lalu kemudian, ketika kita buat web yang lain lagi, maka kita harus bayar lagi sewa hosting untuk web ini. Jadi setiap bikin domain baru, mau tak mau kita harus sewa hosting baru. Nah ini tentu tidak praktis dan biaya jadi besar.

Inilah salah satu kelebihan HostGator. Hanya dengan satu account saja, kita bisa menempatkan domain sebanyak-banyaknya, alias tak terbatas (unlimited domain).

Masalah lain adalah bandwidth (Data Transfer atau Site Traffic), atau secara awamnya bisa dikatakan sebagai limit maksimum diperbolehkannya data keluar/masuk halaman blog/web kita dalam satu bulan. Ini hampir sama dengan batas/quota jumlah maksimum pengunjung yang bisa masuk ke web kita.

Di kebanyakan tempat hosting, bandwidth ini dibatasi, bisa 1 GB, atau 3 GB. Makin besar jumlah GB, maka sewa hosting kita semakin mahal. Jelas ini masalah besar. Sebab sering terjadi karena kebetulan pengunjung ke web atau blog kita lagi banyak, baru saja di tengah bulan, quota bandwidth itu sudah habis, sehingga pengunjung nggak bisa lagi akses ke web tsb. Maka terpaksa kita harus Upgrade, dan ini 'kan berarti harus keluar biaya lagi.

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di hostgator:


Berapa Biayanya ?

Harga normal adalah US$ 9.95 per bulan. Itulah biaya yang kita keluarkan setiap bulan, sebagai "sewa kantor" online kita.

Tetapi jika Anda mengikuti cara-cara yang diberikan nanti, Anda bisa DAPAT DISKON SPECIAL, hanya bayar Rp. 100 saja untuk bulan pertama.

Oh ya sebelum anda Order Hosting, tentu anda harus punya DOMAIN terlebih dahulu. Panduan ini mengasumsikan bahwa anda sudah punya domain. Tapi jika anda belum punya, silakan anda membeli domain terlebih dahulu.

Baik, silakan klik link BERIKUT INI untuk ORDER HOSTING anda.
Agar dapat diskon, masukkan kode kupon alhamdulillah pada kolom yang tersedia.

Khusus untuk pemula, silakan ikuti panduan berikut ini untuk melakukan pemesanan domain dan hosting di hostgator.

PANDUAN LEBIH DETIL

1. Siapkan Paypal Atau Kartu Kredit

Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Jika anda punya, silakan anda lewati saja langkah 2 ini, langsung masuk ke langkah 3. Tapi jika anda tidak punya kartu kredit, pilihan lainnya adalah menggunakan Paypal.

Membuka rek/akun paypal, ibarat membuka rekening tabungan di bank. Dengan paypal, kita bisa melakukan transaksi lebih aman di internet. Termasuk membayar order hosting kita di hostgator ini. Perlu diketahui, saat ini, lebih dari 99 juta pengguna internet lebih memilih PayPal untuk mengirim uang satu dengan yang lainnya. Lebih aman, lebih nyaman. Apalagi proses mendaftarnya mudah sekali, dan GRATIS.

Begitu juga transaksi-transaksi pembayaran online. Misal kita mau beli sesuatu di internet, atau membayar biaya-biaya di internet, seperti bayar order hosting kita sekarang ini, jauh lebih mudah menggunakan paypal. Apalagi buka rekeningnya GRATIS.

1. Buka Akun Paypal

Bukalah akun paypal sekarang juga. Gratis! Pada waktu mendaftar, pilihlah bahasa Indonesia, dan pilih pula yang jenis akun nya Premier (agar anda bisa gunakan juga akun itu untuk bisnis).
Klik disini! untuk membuka akun. Gratis

Setelah daftar, jangan lupa klik Link Konfirmasi yang dikirim ke email anda. Oh ya, nantinya yang disebut sebagai nomor-rekening-paypal atau akun paypal kita adalah EMAIL yang kita daftarkan ke paypal. Email kita itulah nomor rekening paypal kita.

2. Verifikasi

Saat registrasi, status akun paypal kita masih Unverified. Status ini memiliki keterbatasan dalam melakukan transaksi di internet. Sebagian perusahaan, tidak mau menerima transaksi pembayaran dari akun yang statusnya belum verified ini. Jadi, langkah ini memang diperlukan, terutama oleh paypal, untuk melakukan pemeriksaan keabsahan dan validitas si pemilik akun, apakah benar orang nya ada atau tidak.

Cara melakukan VERIFIKASI adalah dengan kartu kredit atau dengan VCC (virtual credit card). Namun memang ada biaya yang pakai VCC untuk jasanya, yaitu 70-80 ribu rupiah.

Caranya gimana?
1. Order dulu vcc ke jualvcc.net atau ke vcctermurah.com
2. Biasanya kita diminta transfer uang jasa vcc tsb (Rp. 70 ribu) ke rekening mereka
3. Setelah transfer, kita konfirmasi via sms atau email. Jangan lupa tuliskan email kita
4. Nanti di email, akan diberi tahu nomor kartu kredit kita, exp date, jenis kartu dan security code nya
5. Setelah kita dapat data vcc itu, kita login ke akun paypal kita, lalu klik link Get Verified

- Muncul 2 pilihan, verified dengan BANK atau dengan CREDIT CARD, pilihlah CreditCard.
- Masukkan data vcc itu, kemudian klik SAVE & Continue.
- Chat atau sms lagi pengelola jualvcc.net lalu minta 4 angka kode-paypal
- Klik LINK CONFIRM, kemudian masukkan kode 4 angka

- Verifikasi selesai. Silakan cek saldo. Biasanya akan muncul saldo sekitar $1.xx

Dengan saldo segitu, sebenarnya anda sudah bisa lanjut ke langkah ketiga (order hosting).
Toh yang diperlukan hanya Rp. 100 atau $0.01 saja.

3. Isi Saldo Paypal

Untuk mengisi saldo paypal, anda bisa membeli ke para pedagang paypal. Bisa dicari di Google, dengan keyword "jual beli paypal". Akan muncul website para pedagang saldo paypal, diantaranya www.99r.biz, www.indonesiapal.com, www.jualbelipaypal.com, dan lain-lain.

Proses transaksinya sederhana sekali:
1. Kita order paypal ke pedagang paypal tsb, misalnya $15
2. Nanti si pedagang minta agar kita transfer ke rek bank dia (misal BCA) yang senilai dengan $15
3. Setelah konfirmasi, si pedagang akan transfer paypal ke akun paypal kita. Yang kita berikan ke dia adalah email paypal kita (sebagai nomor rekening paypal).

Setelah paypal terisi, ada saldo yang cukup, barulah kita lanjutkan ke langkah berikutnya yaitu order hosting.

2. Order HOSTING

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

[+] Klik link BERIKUT INI

[+] Setelah itu, pilihlah paket shared web hosting pada menu yang tersedia

[+] Ada 3 pilihan. Jika anda mau hemat, silakan pilih paket hosting "Hatchling Plan" Tapi jika anda bermaksud mengembangkan banyak bisnis dengan berbagai domain yang berbeda, pilihlah paket hosting nya "Baby Plan". Bedanya terletak pada JUMLAH DOMAIN yang bisa dihosting pada 1 account.

Setelah menentukan jenis paket hosting, klik "order now", seperti pada gambar di atas.

[+] Anda dihadapkan pada 2 pilihan.

Jika anda sudah punya domain, misalnya internetbisnis.net, maka isilah nama domain itu di kolom
"I Currently Have a Domain Name".
Tapi kalau anda mau daftarkan nama domain yang baru, isikan nama domain pilihan anda itu di kolom "Register A New Domain".

[+] Pada kolom COUPON code, tulislah: alhamdulillah (delete dulu kode kupon yang ada disana sebelumnya). Lalu klik Continue to Step 2. Sehingga muncullah halaman seperti pada gambar di bawah ini:

[+] Pada kolom "Billing Cycle", pilihlah 1 Month, jika anda bermaksud order Rp. 100. Tapi jika anda mau ambil paket hemat, silakan anda pilih paket hostingnya untuk order 12 bulan. Gunakan kode kupon subhanallah untuk dapat diskon 25 persen dari total biaya hosting.

[+] Pada kolom "Account Information", tulislah username yang anda inginkan. Ini nantinya menjadi username untuk bisa LOGIN ke cpanel/server hosting anda. Username tsb ketentuannya:
- panjangnya hanya 2-8 karakter
- tidak boleh pakai huruf besar/kapital
- harus dimulai dengan huruf
- boleh menggunakan perpanduan huruf dan simbol atau angka

Sedangkan Security PIN, ketentuannya:
- panjangnya hanya 4 - 8 karakter
- HANYA terdiri dari ANGKA saja. tidak boleh pakai huruf.

[+] Pada kolom "Payment Information", pastikan anda memilih pembayaran sesuai rencana anda. Jika anda bayar lewat paypal, pilihlah Paypal.

[+] Pada kolom "BILLING INFORMATION", pastikan bahwa:
- nama dan alamat yang anda tulis anda sama persis dengan yang tertera pada KTP. Terkadang pihak hostgator melakukan verifikasi akun kita dengan meminta kita mengirimkan scan KTP, jika terjadi suatu masalah yang menyangkut keamanan account kita.

[+] Pastikan, bahwa Anda hanya akan ditagih US$ 0.01 jika anda memilih bayar bulanan.
Lihat di bagian TOTAL DUE: pastikan $0.01 (100 rupiah).

Catatan:
- Jika anda daftar dengan domain BARU, berarti order anda tagihannya adalah $15.01

[+] Lalu klik Create Account untuk masuk ke halaman pembayaran paypal. Selanjutnya klik Subscribe.

[+] Muncul halaman detil order anda di paypal, seperti gambar di bawah ini. Yang perlu anda lakukan hanyalah LOGIN dengan memasukkan email paypal dan password paypal anda. Lalu klik Log In.

Pada halaman berikutnya, muncul halaman konfirmasi. Lalu klik tombol Bayar Sekarang (atau Pay Now).

Okey, sekarang order hosting sudah selesai. Muncul pemberitahuan agar kita melihat data LOGIN ke email.


3. Hubungkan Domain ke Hosting

Langkah ini hanya perlu anda lakukan jika anda membeli domain di tempat lain, sedangkan hostingnya di hostgator. Tapi jika tadi anda order hosting dengan sekaligus membeli domain (Register New Domain di hostgator juga), maka langkah 4 ini tidak perlu anda lakukan.

[+] Cara untuk menghubungkan DOMAIN KE HOSTING ini adalah dengan sebuah NAME-SERVER. Kode name-server itulah yang akan menjadi PERANTARA antara keduanya.

Untuk itu, yang diperlukan adalah data name-server tsb. Kode name-server diberikan oleh hostgator lewat EMAIL. Sebab itu, segera cek email anda, apakah sudah ada email dari HostGator. Subjectnya: Your HostGator Account Information?.

Buka email itu dan catatlah data Name Server yang diberikan (karena data ini yang akan kita pakai di langkah berikutnya).

Langkah berikutnya :
1. LOGIN ke situs tempat anda membeli domain.
2. Setelah login, carilah tempat memasukkan kode DNS (name-server) pada form yang tersedia.

Catatan: Ini adalah langkah yang sangat penting. Jika Anda tidak mengarahkan NS (nameserver) dari domain Anda ke akun hostgator secepatnya, maka web Anda akan error ketika dibuka publik.

[+] OK, sekarang proses BELI HOSTING beres! Benar-benar Rp. 100 'kan? Lumayan untuk dicoba selama 1 bulan. Setelah itu baru bayar pada bulan ke-2 dan seterusnya.

  • Untuk sementara, Anda bisa juga mengakses situs Anda dari link URL yang diberikan dalam email dari hostgator.

4. Cara Pembayaran (untuk bulan ke-2 dst)

Sebelum kita akhiri, ada hal penting yang harus anda lakukan segera sebelum lupa, yaitu soal cara pembayaran untuk bulan ke-2 dan bulan-bulan berikutnya. Apakah anda punya kartu kredit? Kalau punya, nggak masalah, berarti anda nanti bisa bayar dengan kartu kredit.

Kalau anda tak punya kartu kredit anda, bisa nanti lakukan pembayaran dengan PAYPAL. Panduan cara pembayaran dengan paypal (ataupun kartu kredit), silakan KLIK DISINI!

Oke, semoga bermanfaat. New Page 1

Jika ada kesulitan, silakan hubungi saya di nilnaiqbal(at)yahoo.com


Copyright @ internetbisnis.net
Website ini menggunakan script dari klikabadi.com dan
dimodifikasi oleh Internet Bisnis Network