Cara Memasang Iklan di Internet

Secara umum, saat ini, ada 4 jenis iklan yang bisa kita pilih untuk mempromosikan bisnis atau produk. Diantaranya adalah:
–  iklan gratis,
–  iklan premium,
–  iklan jaringan
–  iklan PPC.

Dari ke-4 jenis iklan itu, kalau pengen jalur cepat gunakanlah  IKLAN PPC (iklan berbayar). Tapi kalau mau jalur lambat bisa gunakan iklan gratis. Masing-masing akan saya bahas satu per satu ya.

1. IKLAN GRATIS

Ada banyak sekali tempat pemasangan iklan gratis.  Saya nggak akan sebut semuanya. Salah satunya:
http://forumiklan.com
https://pasangiklangratis.id
https://www.ngarepp.com
http://olehkita.web.id
https://pasangiklangratis.id
http://kumpulblogger.com/kbcads.php

Kelemahan iklan gratis adalah, iklan kita tampil di situs iklan baris itu hanya sebentar. Sebab ‘kan yang orang yang pasang iklan itu sangat banyak, sehingga kurang dari 1 jam, iklan kita sudah tergeser ke bawah, masuk ke halaman lain.

Tapi, kalau masih mau “ngotot” pakai iklan baris, sebaiknya gunakan deh software iklan baris, yang akan memasang iklan kita ke lebih dari 1100 situs iklan baris. Harganya sekitar 30 ribu rupiah.  Saya suka pakai  software autosubmit ini.

2.  IKLAN PREMIUM, BAYAR PER BULAN

Kalau kita promosi di iklan gratis, setahu saya hasilnya kurang memuaskan. Jadi saya pribadi kurang suka menggunakan cara ini, sebab terus terang, selain capek, hasilnya juga bisa dibilang kurang bagus.

Yang agak lumayan bagus menurut saya adalah pasang iklannya dengan sistemnya bayar per bulan. Pada iklan berbayar ini, iklan kita akan muncul terus selama 30 hari, tiap hari di halaman depan, sehingga hampir dipastikan akan ada yang KLIK ke web kita.

Tapi jangan lupa, sebelum memasang iklan premium ini, perlu perhatikan hal-hal berikut:

  • Cek terlebih dahulu statistik web iklan tsb, cari yang jumlah pengunjungnya di atas 3000 per hari. Bisa dilihat di statistik yang ditampilkan web tsb di bagian pinggir. Kalau gak ada statistik web, jangan pasang disana, bisa jadi pengunjungnya masih sedikit.
  • Cek juga apakah link ke web kita, langsung ataukah harus buka halaman info detil dulu. Menurut saya, carilah yang bisa langsung masuk ke web kita (kecuali kita tidak menjual lewat link website). Biasanya ada tulisan “kunjungi website” dan link nya bisa langsung ke web kita. Itu jauh lebih menguntungkan.
  • Pastikan iklan kita sudah tampil setelah kita melakukan pembayaran. Kalau belum, segera hubungi admin/pengelolanya.

Yang berikut ini adalah beberapa alternatif tempat pasang iklan premium yang cukup bagus:
http://forumiklan.com

>>> atau silakan cari lagi di http://google.co.id dengan kata kunci “iklan premium”

3. IKLAN JARINGAN

Yang dimaksud disini adalah link situs kita akan tersebar di berbagai website orang lain. Selain berfungsi sebagai iklan, metoda ini juga akan meningkatkan backlink ke halaman situs Anda, dan otomatis berpengaruh ke SEO.

Salah satu layanan yang paling saya rekomendasikan adalah: Layanan UPTOPROMO

4. IKLAN BAYAR PER PENGUNJUNG (BAYAR PER KLIK)

Iklan jenis ini sangat fair. Kita hanya membayar sejumlah klik atau sejumlah pengunjung yang datang ke web kita. Iklan jenis ini, dikenal juga dengan nama iklan PPC (pay per click)

Ada banyak tempat pemasangan iklan ini. Yang paling banyak digunakan adalah iklan google (google ads). Ada juga bing ads, dll.

Alternatif lain tempat pasang iklan jenis PPC (iklan bayar per klik)  ini, boleh juga cobain:
https://promonavigator.co.id
http://adsensecamp.com
http://kumpulblogger.com/

==============================
Kiat untuk sukses dengan iklan PPC:
—————————————————–

Jangan gunakan TEKS iklan yang mengundang KLIK asal-asalan. Hanya karena penasaran, ingin tahu, dan hanya sekedar tertarik saja. Jauh lebih baik gunakan bahasa iklan yang HANYA mengundang ORANG YANG DITARGET saja. Artinya, kita pastikan bahwa yang meng-klik adalah benar-benar yang jadi HOT PROSPEK kita. Jadi tingkat konversi klik jadi JOIN lebih tinggi, dan biaya iklan lebih efisien.