Cara Memulai Usaha Melalui Iklan di Internet dan Menghitung Untung Ruginya

Salah satu cara jualan atau memasarkan produk/bisnis kita lewat internet adalah dengan memasang iklan berbayar, baik di iklan lokal, iklan facebook, iklan instagram ataupun iklan di Google.

Apa yang menjadi PEGANGAN kita sehingga bisa membuat kita lebih BERANI mengeluarkan uang untuk memasang iklan? Kalau anda nggak punya pegangan, bisa dipastikan Anda anda selalu bermain “untung-untungan”. Kadang berani, kadang takut gagal.

Jadi kita harus bisa berhitung!

Biasanya yang paling lazim adalah dengan cara menghitung angka rasio KONVERSI nya. Yaitu berapa banyak penjualan terjadi untuk setiap 100 pengunjung.

Kalau dari 100 pengunjung, terjadi 5 penjualan, berarti angka rasio konversinya adalah 5%. Dalam bisnis membership misalnya, jika dari 100 prospek, ada 3 yang join berarti angka rasio konversinya adalah 3%, dst.

Contoh:

Misalnya nih kita memasang iklan menjual sebuah produk/bisnis digital seharga Rp. 350.000 yang mana untuk setiap penjualan, komisi/penghasilan yang kita peroleh adalah Rp. 100.000 per penjualan.

Misalnya kita anggarkan biaya iklan sebesar Rp. 500.000 dengan tarif iklan per klik nya adalah Rp. 500 (cukup murah ya). Angka ini berarti kita mengundang (lebih tepatnya membeli) sebanyak 1000 pengunjung (yaitu 500 ribu bagi 500) melihat produk/bisnis kita.

Nah berapa keuntungan yang kita peroleh?

Jika angka KONVERSI dari iklan kita adalah 5%, maka berarti total penjualan kita adalah 5% x 1000 klik = 50 penjualan.

Kalau komisi/income kita Rp. 100.000 per penjualan, maka total income kita adalah 50 x Rp. 100.000 = Rp. 5 juta.

LABA = Total Penjualan – Biaya Iklan = 5 juta – 500 ribu = Rp. 4,5 juta

Apakah anda bisa melihat metodenya? Ya, dengan hanya memasang iklan 500 ribu, LABA BERSIH yang kita peroleh = Rp. 4,5 juta.

Saya kira, kira-kira begitulah prinsip BERJUALAN DI INTERNET.

Sekali lagi, kuncinya segera ketahui berapa RASIO KONVERSI Iklan Anda. Jika hitung-hitungannya masih untung … jalan terus. Jika tidak, perbaiki/tingkatkan konversinya, misalnya dengan memperbaiki optimasi websitenya, atau merevisi target marketnya, atau mungkin merevisi teks iklannya.

Jadi jangan pasang iklan, terus dibiarin begitu saja. Pelajari terus, text iklan apa yang paling besar hasilnya. Cek website anda. Cek isi websitenya. Cek target marketnya. Dan amati terus berapa yang beli dari 100 pengunjung. Dapatkan angka Konversinya!

Berapa Rasio Konversi Yang Paling Bagus?

Relatif. Buat saya rasio berapapun nggak apa, asalkan secara matematika, sudah memberikan PROFIT. Saya pernah jualan produk yang rasionya di bawah 1%, pernah juga yang 3% pernah juga yang diatas itu. Yang penting ada profitnya!

Bagaimana? Siap untuk mencoba jualan lewat iklan? Kenapa nggak coba dengan iklan facebook dulu?

Yuk Belajar Step By Step Rahasia Sukses Iklan Facebook disini ?

Share This:

2 Comments

  1. Wauwww ini ilmu yang aku cari-cari selama ini, pernah sih denger dari teman bisnis cara menghitung konversi iklan ini tapi ga’ mudeng, sekarang baru mudeng saya, thanks gan ijin save ya!

Comments are closed.